UMKM Rapuh Imbas Corona, Begini Kata Sandiaga

  • Whatsapp

(EKONOMI) – Pandemi Corona COVID-19 membuat sektor ekonomi dunia terpukul termasuk Indonesia. Pelaku usaha di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun kena imbasnya.

Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan sektor UMKM saat ini rapuh. Padahal, sektor ini jadi kunci kebangkitan ekonomi nasional saat krisis 1998.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Sandi menekankan pentingnya pemulihan UMKM dengan cara memberikan pendampingan. Terkait itu, kontribusi yang digagas pihak OK OCE dengan membantu UMKM di Pontianak, Kalimantan Barat.

“Tujuannya agar bisa meminimalisir kesulitan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Hal yang menjadi harapan kita ini adalah kolaborasi,” kata Sandi, dalam keterangan resminya, Senin malam, 20 Juli 2020.

“Yakinlah walaupun pandemi membawa kita sulit, membawa ekonomi terjepit. Namun, kita harus bangkit,” jelas eks Wakil Gubernur DKI itu.

Pun, Sandi mengapresiasi kinerja daerah di Pulau Kalimantan yang mampu menekan inflasi pada kuartal pertama tahun 2020. Ia mengatakan demikian karena pandemi COVID-19 di Tanah Air terjadi di kuartal pertama.

“(Tingkat inflasi) Kalimantan dengan nasional masih lebih tinggi, 4,60 persen di kuartal I. Saya ingin apresiasi Kalimantan mampu menekan inflasi hingga 13,6 persen,” ujar Sandi yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Sandi mengatakan efek menekan inflasi jelas berpengaruh pada UMKM. Apalagi diketahui selama pandemi, permintaan masyarakat menurun. Maka itu, kata dia, perlu ada strategi meningkatkan daya beli masyarakat.

“Salah satu yang bisa dilakukan dengan subtitusi impor yang mampu meluaskan ketahanan pangan,” katanya.

Dia menambahkan, langkah utama saat ini dalam menyelamatkan UMKM adalah dengan memberikan pendampingan. Cara ini yang jadi perhatian OK OCE.

“Salah satu kurikulum OK OCE Indonesia adalah pendampingan. Maka dari adanya kolaborasi ini akan adanya pendampingan untuk UMKM di Pontianak,” tuturnya. (viva)

 

Sumber: viva.co.id

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *