Penuntasan Kasus Korupsi Bansos, Ketua KPK: Kami Tak Terpengaruh Apapun, Bekerja Sesuai Prosedur

  • Whatsapp

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi terus menuntaskan kasus korupsi bantuan sosial (bansos) di Kementerian Sosial hingga menyeret mantan Mensos Juliari P Batubara. Ketua KPK RI H. Firli Bahuri pun menegaskan KPK tak akan terpengaruh dengan apapun dan tetap bekerja sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

“Saya sampaikan bahwa kita terus berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi. Proses penyelidikan, kita lakukan guna menentukan apakah betul telah terjadi suatu peristiwa dan peristiwa tersebut merupkan peristiwa pidana korupsi untuk dilakukan penyidikan. Selanjutnya kita lakukan penyidikan untuk mengumpulkan keterangan-keterangan saksi dan menemukan bukti-bukti sehingga membuat terang perkaranya, dan menemukan tersangkanya,” tegas Firli kepada media, Rabu (23/12).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dikatakannya, pemberantasan korupsi mulai dengan strategi pendidikan masyarakat, strategi pencegahan dan strategi penindakan. Semua strategi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan ini merupakan core bussiness pemberantasan korupsi.

“Kita jalankan secara simultan dan berkelanjutan. Kami akan tuntaskan perkara korupsi secara profesional, akuntabel, kepastian hukum, keadilan dan menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia (HAM). Prinsip kerja adalah menjamin kepastian hukum, keadilan, transparan, akuntabel , kepentingan umum dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan tidak pandang bulu adalah kunci kerja kami. Hal ini tentu berdasarkan kecukupan alat bukti yang membuat terangnya suatu pristiwa pidana dan kami menemukan tersangkanya. Jadi jika disebutkan oleh beberapa media tentang si A atau si B yang terkait korupsi di Kemensos, hal tersebut tidak mempengaruhi SOP, ketentuan-ketentuan di dalam menangani perkara korupsi. Prinsipnya kami melakukannya sesuai prinsip prinsip yang saya sampaikan diatas. Itu lah bentuk profesionalitas kami,”

“Kami menyampaikan terima kasih karena kami diberi waktu untuk bekerja menyelesaikannya dan Ikuti saja semua proses yang berlaku. Pada saatnya kami akan selalu sampaikan ke publik. Salam anti korupsi,” pungkasnya. (rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *